Tujuan

  1. Tujuan MAN 2 Kota Bengkulu
    1. Tujuan Jangka Pendek
    a. Pembentukan karakter berdasarkan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5-P2RA)
    1) Melaksanakan pembiasaan sikap berbasis P5-P2RA yang terintegrasi pada seluruh mata pelajaran baik dalam bentuk tatap muka atau dalam bentuk kegiatan Projek
    2) Melaksanakan seluruh penilaian sikap berbasis P5-P2RA
    3) Mendorong seluruh pelajar mencapai minimal predikat BAIK pada penilaian sikap berbasis P5-P2RA

b. Proses Belajar
1. Mendorong partisipasi pelajar dalam proses pembelajaran mencapai minimal 90%
2. Mengelola proses pembelajaran agar tingkat kepuasan pelajar mencapai minimal 85%
c. Penguasaan Literasi, Bernalar Kritis dan Kreatif
1) Membekali 100% pelajar dengan budaya literasi yang terintegrasi pada seluruh mata pelajaran baik dalam bentuk tatap muka atau dalam bentuk kegiatan Projek

2) Melaksanakan 100% proses penilaian (asesmen) minimal mengandung 20% soal bertipe HOTS

3) Mendorong agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 60% soal bertipe HOTS dengan benar

4) Memfasilitasi 100% pelajar dalam melakukan riset atau menghasilkan produk yang dituliskan dalam bentuk karya tulis ilmiah.

d. Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan Minimal Tingkat MA
1) Memfasilitasi seluruh pelajar untuk mampu mencapai rata-rata nilai akhir tahun ajaran minimal 75 pada aspek pengetahuan dan keterampilan
2) Menangani seluruh pelajar yang mengalami permasalahan pembelajaran agar dapat terselesaikan.
3) Memfasilitasi seluruh pelajar mampu mencapai predikat BAIK dalam Tahsin, Tahfidz dan Murojo’ah
e. Keahlian kecakapan hidup dan berprestasi sesuai bakat dan minat
1) Mendorong seluruh pelajar memilih kelas peminatan berdasarkan bakat dan minta
2) Mewajibkan seluruh pelajar untuk mengikuti minimal 1 ekstrakurikuler sesuai bakat dan minat
3) Memfasilitasi pelajar untuk dapat mengikuti kegiatan lifeskill serta kompetisi akademik dan non akademik

2. Jangka Menengah

  1. Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat berdasarkan P5-P2RA
  2. Menyusun kegiatan pembelajaran yang berkualitas dalam proses pembelajaran yang menyenangkan dan kontekstual bagi pelajar
  3. Membekali pelajar dengan keahlian bernalar kritis dan kreatif
  4. Membekali pelajar dengan penguasaan literasi (baca, tulis, numerasi, sains, digital, budaya, kewarganegaraan dan finansial)
  5. Membekali pelajaran dengan kecakapan Tahsin, Tahfidz dan Murojo’ah
  6. Memfasilitasi pelajar untuk dapat melampaui kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal tingkat MA baik akademik dan non akademik
  7. Memfasilitasi untuk mampu mnyusun karya tulis ilmiah
  8. Memfasilitasi pelajar untuk mendapat keahlian kecakapan hidup dan berprestasi sesuai bakat dan minat.

3. Tujuan Jangka Panjang

  1. Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta tanah air, bangga pada budaya bangsanya dan tenggang rasa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi pada lembaga akademik / vokasi / kedinasan terkemuka sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.
  3. Menghasilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, berkreatifitas, menghasilkan karya, memanfaatkan teknologi digital, dan mengembangkan minat serta bakatnya untuk menghasilkan prestasi.
  4.  Menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial).

D. Strategi Untuk Mencapai Tujuan

Untuk dapat mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan MAN 2 Kota Bengkulu menyusun beberapa rencana strategi pelaksanaan. Adapun strategi-strategi tersebut adalah :

  1. Menyusun tim pengembang kurikulum
  2. Melakukan analisis konteks terhadap kondisi dan lingkungan madrasah.
  3. Menyusun rencana kurikulum operasional madrasah dengan melibatkan unsur dinas pendidikan setempat, pakar, perwakilan DUDI (Dunia usaha dan dunia industri) dan komite madrasah
  4. Melakukan analisis kebutuhan program madrasah (kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, pelatihan, pengadaan sarana prasarana, kegiatan pendukun,dan lain-lain) untuk mendukung pelaksanaan rencana kurikulum operasional madrasah yang sudah disusun.
  5. Menyusun RKAM (Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah) berdasar analisis kebutuhan program.
  6. Menyusun rencana serta instrumen Evaluasi, Pendampingan dan Pengembangan dengan melihat berbagai sisi (guru, tenaga kependidikan, pelajar, orang tua dan komite madrasah).
  7. Melaksanakan kurikulum operasional madrasah dengan evaluasi harian, 1 bulanan, 1semester dan 1 tahun.
  8. Melaksanakan program perbaikan berdasar prioritas 1 bulanan, 1 semester dan 1 tahun.
  9. Menyusun rencana kurikulum operasional madrasah berdasar hasil evaluasi dengan melibatkan unsur dinas pendidikan setempat, pakar, perwakilan DUDI (Dunia usaha dan dunia industri) dan komite madrasah.